Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013
buku paket bahasa inggris kelas 9 kurikulum 2013 hal 10
1. buku paket bahasa inggris kelas 9 kurikulum 2013 hal 10
jawaban
1.Happy birthday
2.Home sweet home
3.Have a nice dream
4.Home sweet home
5.congratulations on your succes
6.Have a great married life
7.Get well soon
8.Good luck
9.Enjoy the story
10.Enjoy yout class
maaf kalo salah
2. Terjemahan ke dalam bahasa indonesia berdasarkan buku paket kelas 9 kurikulum 2013 halaman 67
Jawaban:
dj cuma jago ba sindir
Penjelasan:
dj rahmat tahalu"asik"
3. jawaban buku paket bahasa Indonesia kelas 7smp kurikulum 2013
Jawaban:
ko aneh sih.seharusnya kirim gambarnya jadi kita bisa liat apa soalnya apa jawabannya
Penjelasan:
maaf ya kalo menurutmu aku ngegas
4. jawaban buku paket bahasa indonesia kurikulum 2013 halaman 202
ini kalo smp kls 7 maaf kalo ini salah
5. jawaban pada buku paket bahasa indonesia kegiatan 5.8 halaman 149 kelas 8 kurikulum 2013
Kalimat adalah kesatuan linguistik yang terdiri dari setidaknya satu klausa. Untuk dapat membangun satu klausa yang utuh, kita membutuhkan dua unsur. Kedua unsur tersebut mencakup satu subyek dan satu predikat. Subyek dapat diartikan sebagai pihak yang melakukan tindakan seperti yang diterangkan oleh kata kerja atau verba dalam predikat. Adapun predikat merupakan bagian dalam kalimat yang mengandung verba atau kata kerja yang menerangkan tindakan yang dilakukan oleh subyek.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa kalimat. Kemudian, kita diminta untuk mengurutkan kembali kalimat-kalimat tersebut agar membentuk pola pengembangan yang sesuai atau tepat. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.
KALIMAT DAN POLA PENGEMBANGAN
1. a. Majunya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sangat memengaruhi kehidupan manusia.
b. Akibatnya tanah menjadi gundul, kemudian erosi, akhirnya tanah longsor
dan menimbulkan banyak korban.
c. Adanya mesin potong yang canggih, manusia dapat menebang hutan
seenaknya.
d. Kemajuan iptek tanpa kepedulian manusia tentu akan merusak lingkungan.
e. Bangsa Indonesia sekarang ini sedang berupaya untuk melestarikan lingkungan hidup.
PARAGRAF:
Bangsa Indonesia sekarang ini sedang berupaya untuk melestarikan lingkungan hidup. Majunya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sangat memengaruhi kehidupan manusia. Kemajuan iptek tanpa kepedulian manusia tentu akan merusak lingkungan. Adanya mesin potong yang canggih, manusia dapat menebang hutan seenaknya. Akibatnya tanah menjadi gundul, kemudian erosi, akhirnya tanah longsor dan menimbulkan banyak korban.
2. a. Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung karena beberapa hal.
b. Keseimbangan lingkungan itu dapat terganggu bila terjadi perubahan.
c. Salah satu faktor penyebab gangguan adalah polusi di samping faktor-faktor yang lain.
d. Perubahan yang dimaksud berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem.
PARAGRAF:
Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung karena beberapa hal. Keseimbangan lingkungan itu dapat terganggu bila terjadi perubahan. Perubahan yang dimaksud berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem. Salah satu faktor penyebab gangguan adalah polusi di samping faktor-faktor yang lain.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks eksplanasi:
https://brainly.co.id/tugas/752240
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
Kata kunci: kalimat, pola pengembangan, urutan, teks eksplanasi
6. buku paket bahasa indonesia kurikulum 2013 kegiatan 2.9
Jawaban:
soalnya apa
Ga ngerti maaf
7. jawaban pada buku paket bahasa indonesia halaman 167 kurikulum 2013 kelas 8
Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian tentang suatu karya, baik karya sastra atau pertunjukan, untuk memberikan wawasan dan dasar bagi masyarakat untuk memutuskan apakah mereka akan membaca atau menonton karya tersebut.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan jawaban atas pertanyaan pada halaman 167 buku Bahasa Indonesia kelas VIII. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.
PERTANYAAN
A. 1. Baca kembali teks ulasan untuk novel Atheis!
2. Secara berdiskusi, jelaskanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut
secara jelas!
JAWABAN
IDENTITAS KARYA
Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja
Penerbit : Balai Pustaka
Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama)
Tebal halaman : 232 halaman
ORIENTASI
Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama.
SINOPSIS
Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO. Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini. Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.
Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli.
Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.
Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan temanteman Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara, kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiranpemikiran Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh. Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu luas.
...
ANALISIS
Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan Tuhan.
Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaakan kesalahan orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau memaakan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun,
Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaakan anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami.
EVALUASI
Sayangnya, novel ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh.
B. 1. Bahasa novel ini lancar dan mudah dipahami -> Analisis
2. Novel memberikan banyak pelajaran pada pembacanya antara lain bahwa kita harus pandai bergaul dengan orang lain. -> Evaluasi
3. Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. -> Orientasi
4. Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja. -> Identitas
5. Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. -> Sinopsis
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:
brainly.co.id/tugas/14215924
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
kata kunci: teks ulasan, atheis
8. Jawaban buku paket bahasa Inggris krlas 9 kurikulum 2013 hal 7-9
Situation 1:
Lina has just got the result of her Math test. She is waiting for the result of her English test. Dayu congratulates her for the result of the Math test and hope that she will get an A for the English test, too.
The conversation:
Lina: “Thank God, I got an A for my math test. But, I’m not sure of the result of my English test.”
Dayu: “Congratulations for the result of your Math test. I hope you will get an A for the English test too.”
Situation 2:
Dayu is going to participate in the bike race to celebrate the Independence Day. Siti shows her hope that Dayu will get a prize.
The conversation:
Dayu: “Siti, wish me luck. I will take part in the bike race to celebrate the Independence Day.”
Siti: “Sure. Good luck. I hope you will win the race.
Situation 3:
Edo’s father has given him permission to walk to the mountain. Beni is happy for him and expresses his hope that he will have a safe trip.
The conversation:
Edo: “Thank God. Finally my father lets me go to the mountain walk.”
Beni: “I’m happy for you. Have a safe trip.”
Situation 4:
Lina tells Udin that she will get a scholarship from the government to finish her SMP. Udin congratulates her and wish her for the best with her study.
The conversation:
Lina: “Udin, I will get a scholarship from the government to finish my SMP.”
Udin: “Congratulations! I wish you all the best with your study.”
Situation 5:
Beni has ful!lled all the requirements to run for the OSIS Chairman. Udin is happy for him and hope that he will be the next OSIS Chairman.
The conversation:
Beni: “The vice pterperincipal said that I had all the requirements to run for the OSIS Chairman.”
Udin: “I’m happy for you. I hope you will be our next OSIS Chairman.”
PembahasanCongratulation adalah ungkapan yang digunakan untuk memberikan ucapan selamat kepada orang lain atas pencapaian yang telah diraihnya.
Beberapa contoh ucapan congratulation adalah:
"Congratulations for winning basket competition”“This calls for celebrating! Congratulations!”“You did it! So proud of you!”“I knew it was only a matter of time. Well done!”“You’ve worked so hard for this. Congrats!”“This is awesome! You’re awesome! Way to go!”“Sincere congratulations on your hard-earned success.” Pelajari Lebih LanjutContoh kalimat congratulation dan responnya - https://brainly.co.id/tugas/938858 Detil JawabanKelas: SMP
Mapel: B Inggris
Kategori: Expression
Kata Kunci: Congratulation
9. jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 halaman 202
jawaban ada di gambar
10. Adakah yang bisa menerjemahkan bahasa Inggris halaman 21-22 di buku paket kelas 9 kurikulum 2013
Jawaban:
page 21-22 in Class 9 curriculum 2013 textbook
Jawaban:
"page 21-22 in class 9 curriculum 2013 textbook"
11. jawaban paket bahasa Indonesia halaman 63 kurikulum 2013 kelas 9
Jawaban:
pertannyaan bahasa indonesia halaman 63nya apa ?
12. jawaban paket bahasa inggris kelas 9 hal 8 dan 9 kurikulum 2013
I will lead you to re!ect on what you are learning now. Complete the statements in the box. Discuss it in your group and with me.
Now I know it is important ...
to say “CONGRATULATION” to people for their success, their achievements, and their good fortunes.
to say “HOPE” to pray for other people’s success, achievements, and good fortunes.
PembahasanCongratulation adalah ungkapan yang digunakan untuk memberikan ucapan selamat kepada orang lain atas pencapaian yang telah diraihnya.
Beberapa contoh ucapan congratulation adalah:
"Congratulations for winning basket competition” “This calls for celebrating! Congratulations!” “You did it! So proud of you!” “I knew it was only a matter of time. Well done!” “You’ve worked so hard for this. Congrats!” “This is awesome! You’re awesome! Way to go!” “Sincere congratulations on your hard-earned success.”Hope adalah ungkapan yang digunakan untuk mendoakan orang lain agar selalu sukses, beruntung, dan mendapatkan pencapaian yang bagus. Contoh kalimat hope adalah:
I hope I can see you soon.I hope you will get a better life.I hope you can be a succesfull person.I hope you become a ne president.I hope you always be lucky.I hope you get well soonPelajari Lebih Lanjut Contoh kalimat congratulation dan responnya - https://brainly.co.id/tugas/938858 Contoh kalimat hope - https://brainly.co.id/tugas/1139218Detil JawabanKelas: SMP
Mapel: B Inggris
Kategori: Expression
Kata Kunci: Congratulation and Hope
13. jawaban soal dari buku paket bahasa indonesia kurikulum 2013 halaman 138-139 kelas 9
Teks diskusi adalah sebuah teks yang menyajikan wawasan tentang suatu isu atau topik yang diambil dari beragam sudut pandang. Sebuah teks diskusi sejatinya dihadirkan untuk membangun referensi yang kuat dan kokoh bagi masyarakat dalam mempelajari suatu isu, bukan mendiskreditkan pendapat tertentu.
Sebagai sebuah karya sastra, teks diskusi disusun atas tiga struktur utama yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Adapun bagian isi terdiri dari setidaknya dua gagasan yang berbeda.
PembahasanPada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan contoh teks diskusi tentang antitawuran. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
Antitawuran
Pendahuluan
Jika ada masyarakat yang menyatakan tidak menentang tawuran, jangan heran jika ada masyarakat yang dengan tegas menyatakan bahwa mereka menolak tawuran. Kelompok yang menamakan diri antitawuran ini jumlahnya bahkan tidak sedikit. Kegiatan tawuran yang dianggap tidak bermanfaat pun dicoba untuk dilihat dari berbagai perspektif. Beberapa di antaranya adalah perspektif guru dan orangtua.
Sudut pandang pertama
Berbanding terbalik dengan kebiasaan sekelompok oknum pelajar yang kerap melakukan tawuran, nyatanya ada banyak pelajar yang menyatakan diri bersikap antitawuran. Kelompok pelajar ini umumnya sudah mengetahui secara jelas dampak negatif yang ditimbulkan dari kegiatan tidak berfaedah tersebut dan dengan demikian memilih jalur yang berbeda.
Bagi para pelajar tersebut, memilih untuk bersikap antitawuran jauh lebih bermanfaat dibandingkan melakukan yang sebaliknya. Dengan menentang tawuran, mereka mendedikasikan diri untuk melakukan tindakan yang lebih bermanfaat, seperti belajar dan bekerja keras untuk mencapai prestasi dan mengukir masa depan yang lebih baik. Daripada menghabiskan waktu untuk kegiatan yang sia-sia, kelompok ini lebih peduli akan masa depan mereka. Meski mereka sendiri sadar betul bahwa tindakan dan pandangan mereka bukan berarti tidak mendapat tekanan dari pihak - pihak yang mendukung tindakan tawuran. Tak jarang mereka pun 'terpaksa' mengikuti pemikiran yang salah semata-mata untuk menyelamatkan diri mereka sendiri. Namun begitu, keberanian mereka untuk bersuara sendiri pun sudah layak mendapat apresiasi dari masyarakat.
Sudut pandang kedua
Tindakan kelompok ini tentunya didukung oleh para guru. Tawuran yang sejak lama menjadi keprihatinan seluruh masyarakat, terutama para guru, telah mendorong para guru untuk melakukan segala daya upaya untuk mendorong terciptanya pola pikir antitawuran di kalangan para pelajar. Setidaknya, menurut para guru, para siswa dan siswi mereka tidak akan berisiko mengalami kecelakaan atau gangguan keselamatan dengan mengikuti tawuran. Pendapat mereka tentunya bukan tanpa sebab. Sudah tidak sedikit kejadian tawuran yang berujung petaka bagi para pelajar yang terlibat di dalamnya. Hal ini tentunya membawa duka bagi dunia pendidikan, terutam apara guru. para siswa yang seharusnya menjadi tanggung jawab mereka untuk dibimbing mencapai masa depan yang cerah malah menjadi sia-sia hidupnya di tengah aksi tawuran.
Simpulan
Baik dari sudut pandang para guru dan siswa, sudah sepantasnya prinsip antitawuran mendapat dorongan dan apresiasi yang tinggi serta positif dari masyarakat. Pola pikir yang sangat mulia ini perlu didukung dan dikembangluaskan kepada seluruh masyarakat. jika perlu, para siswa yang menyatakan diri menolak prinsip tawuran dapat diberikan penghargaan untuk mendorong rekan-rekannya menganut pola pikir serupa.
Pelajari lebih lanjutPada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks diskusi:
brainly.co.id/tugas/2726437
Detil jawabanKelas: IX
Mata pelajaran; Bahasa Indonesia
Bab; Bab 3 - Fakta dan opini
Kode kategori: 9.1.3
Kata kunci: teks, diskusi, antitawuran
14. jawaban soal dari buku paket bahasa indonesia kurikulum 2013 halaman 138-139 kelas 9
Jawaban:
Teks diskusi adalah sebuah teks yang menyajikan wawasan tentang suatu isu atau topik yang diambil dari beragam sudut pandang. Sebuah teks diskusi sejatinya dihadirkan untuk membangun referensi yang kuat dan kokoh bagi masyarakat dalam mempelajari suatu isu, bukan mendiskreditkan pendapat tertentu.
Sebagai sebuah karya sastra, teks diskusi disusun atas tiga struktur utama yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Adapun bagian isi terdiri dari setidaknya dua gagasan yang berbeda.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan contoh teks diskusi tentang antitawuran. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
Antitawuran
Pendahuluan
Jika ada masyarakat yang menyatakan tidak menentang tawuran, jangan heran jika ada masyarakat yang dengan tegas menyatakan bahwa mereka menolak tawuran. Kelompok yang menamakan diri antitawuran ini jumlahnya bahkan tidak sedikit. Kegiatan tawuran yang dianggap tidak bermanfaat pun dicoba untuk dilihat dari berbagai perspektif. Beberapa di antaranya adalah perspektif guru dan orangtua.
Sudut pandang pertama
Berbanding terbalik dengan kebiasaan sekelompok oknum pelajar yang kerap melakukan tawuran, nyatanya ada banyak pelajar yang menyatakan diri bersikap antitawuran. Kelompok pelajar ini umumnya sudah mengetahui secara jelas dampak negatif yang ditimbulkan dari kegiatan tidak berfaedah tersebut dan dengan demikian memilih jalur yang berbeda.
Bagi para pelajar tersebut, memilih untuk bersikap antitawuran jauh lebih bermanfaat dibandingkan melakukan yang sebaliknya. Dengan menentang tawuran, mereka mendedikasikan diri untuk melakukan tindakan yang lebih bermanfaat, seperti belajar dan bekerja keras untuk mencapai prestasi dan mengukir masa depan yang lebih baik. Daripada menghabiskan waktu untuk kegiatan yang sia-sia, kelompok ini lebih peduli akan masa depan mereka. Meski mereka sendiri sadar betul bahwa tindakan dan pandangan mereka bukan berarti tidak mendapat tekanan dari pihak - pihak yang mendukung tindakan tawuran. Tak jarang mereka pun 'terpaksa' mengikuti pemikiran yang salah semata-mata untuk menyelamatkan diri mereka sendiri. Namun begitu, keberanian mereka untuk bersuara sendiri pun sudah layak mendapat apresiasi dari masyarakat.
Sudut pandang kedua
Tindakan kelompok ini tentunya didukung oleh para guru. Tawuran yang sejak lama menjadi keprihatinan seluruh masyarakat, terutama para guru, telah mendorong para guru untuk melakukan segala daya upaya untuk mendorong terciptanya pola pikir antitawuran di kalangan para pelajar. Setidaknya, menurut para guru, para siswa dan siswi mereka tidak akan berisiko mengalami kecelakaan atau gangguan keselamatan dengan mengikuti tawuran. Pendapat mereka tentunya bukan tanpa sebab. Sudah tidak sedikit kejadian tawuran yang berujung petaka bagi para pelajar yang terlibat di dalamnya. Hal ini tentunya membawa duka bagi dunia pendidikan, terutam apara guru. para siswa yang seharusnya menjadi tanggung jawab mereka untuk dibimbing mencapai masa depan yang cerah malah menjadi sia-sia hidupnya di tengah aksi tawuran.
Simpulan
Baik dari sudut pandang para guru dan siswa, sudah sepantasnya prinsip antitawuran mendapat dorongan dan apresiasi yang tinggi serta positif dari masyarakat. Pola pikir yang sangat mulia ini perlu didukung dan dikembangluaskan kepada seluruh masyarakat. jika perlu, para siswa yang menyatakan diri menolak prinsip tawuran dapat diberikan penghargaan untuk mendorong rekan-rekannya menganut pola pikir serupa.
15. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018 halaman 37 Dan 38
Jawaban:
Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas IX halama 37 adalah
EmosiLogikaEtikaKunci jawaban bahasa Indonesia kelas IX halaman 38 adalah
Etika: Menanam pohon adalah suatu wujud rasa syukur kita kepada Tuhan yang telah memberikan kita segalanya. Kita pun harus menyadari bahwa manusialah yang seharusnya bertindak bijaksana dalam mengelolanya.Emosi: Kenapa kita tidak pernah memikirkan apa dampaknya baik anak cucu kita kelak apabila tidak ada satu pun tanaman di bumi ini? Apakah mereka dapat hidup dengan oksigen buatan?Logika: Seharusnya kita benar-benar peduli akan lingkungan, terutama dengan penanaman pohon. Meski tampaknya sederhana, tetapi mungkin sukar bagi kita untuk melakukannya.Penjelasan:
Cara memersuasi ada tiga, yaitu
Dengan etika, yaitu menggunakan pendekatan etika.Dengan emosi, yaitu dengan menggugah perasaan audiensi.Dengan logika, yaitu dengan memberikan pernyataan yang masuk akal.Pelajari lebih lanjut materi contoh etika, emosi, dan logika mengenai penanaman pohon pada https://brainly.co.id/tugas/11923944
#BelajarBersamaBrainly
Posting Komentar untuk "Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013"