Pembahasan Soal Olimpiade Matematika Smp 2014
Soal-soal OSN Olimpiade Fisika tingkat SMP 2014-2015
1. Soal-soal OSN Olimpiade Fisika tingkat SMP 2014-2015
belum ada! tapi kisikisinya masih sm dgn tahun2 lalu... cm kualitas soalnya ini tambah sulit tiap tahunnya.....
2. contoh soal olimpiade matematika smp
soal olimpiade matematika SMP tahun 2004
jumlah 101 bilangan bulat berurutan adalah 101 , berapa bilangan bulat terbesar dalam barisan tersebut
a) 51
b) 56
c) 100
d) 101
e) 150
3. Contoh soal olimpiade matematika SMP dengan cara
Jawaban:
1)Diketahui A={0,1,2,3,4}, a, b, c adalah tiga anggota yang berbeda dari A, dan (a pangkat b)pangkat c =n. Nilai maksimum dari n adalah...
2)ada pada phoro beserta penyelesaian
Penjelasan dengan langkah-langkah:
1)(3²)⁴=9⁴=81x81=6.561
▶△▶△▶△▶△▶△semoga membantu:Dsemangat belajar
4. apa saja materi olimpiade matematika smp??(plis jangan dihapus)
Jawaban:
1 konsep himpunan
2 konsep bilangan
3 garis dan sudut
Materi Olimpiade Matematika tingkat SMP Ada 4 bagian paling utama, yaitu :
1. Teori Bilangan
2. Aljabar
3. Geometri
4. Statistika
5. ada yang punya pembahasan soal osn fisika smp tahun 2014?
aku ada deh kayanya...
6. soal pembahasan un matematika tahun pelajaran 2013/2014 smk paket 04
maksudnya????
aku nggak tau maksudnya
maaf jadi nggak bisa jawab
7. Gan bagi yang tau kupulan soal-soal olimpiade matematika sd 2014/2015 ada yang tau gk ? (mohon jawaban yang sebenarnya, jangan hanya untuk dapet point)
Saya lampirkan ya. Semoga membantu dan selamat belajar kawan!
8. soal olimpiade biologi tingkat smp
1. Teori Horald Urey menyatakan bahwa, jika terjadi loncatan listrik dan radiasi sinar kosmis dengan zat-zat kimia di atmosfer akan terbentuk...
A. glukosa
B. karbohidrat
C. lemak
D. asam amino
2. Perbedaan yang sangat mendasar pada percobaan yang dilakukan oleh F. Redi dan L. Spallanzani terletak pada...
A. bahan yang digunakan
B. alat yang digunakan
C. prosedur kerja
D. kesimpulan yang dihasilkan
3. Proses perubahan bentuk energi kimia untuk berbagai aktivitas sebagai ciri mahiuk hidup disebut...
A. nutrisi
B. respirasi
C. asimilasi
D. transportasi
4. Salah satu ciri khas makhluk hidup adalah melakukan ekskresi yang berarti...
A. pengaturan proses dalam tubuh
B. pembentukan energy melalui oksidasi zat
C. penyusunan zat pembentu protoplasma sel
D. mengeluarkan sisa metabolism dan dalam tubuh
5. Sifat yang dapat membedakan tumbuhan mangga sebagai rnakhluk hidup dengan batu sebagai benda mati adalah
A. bereproduksi
B. bergerak
C. memiliki struktur yang rumit
D. butuh energi
semoga bermanfaat
9. contoh soal pra olimpiade matematika tingkat SMP & jawaban15 point!!!
Penjelasan dengan langkah-langkah:
tuh ya semoga membantuuuuuu
10. bantu mas mbak, soal olimpiade matematika SMP
Jawab:
[tex]\frac{4028}{2015}[/tex]
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Rumus Jumlah n bilangan berurutan : [tex]\frac{n(n+1)}{2}[/tex]
[tex]\frac{1}{1} + \frac{1}{1+2} + \frac{1}{1+2+3}+ .... + \frac{1}{1 + 2 + ...+2014} \\\ \frac{1}{\frac{(1)(2)}{2} } +\frac{1}{\frac{(2)(3)}{2} } +\frac{1}{\frac{(3)(4)}{2} } + .... + \frac{1}{\frac{(2014)(2015)}{2} } \\\\\frac{2}{(1)(2)} + \frac{2}{(2)(3)} + \frac{2}{(3)(4)}+ .... + \frac{2}{(2014)(2015)} \\\\ 2 [ \frac{1}{(1)(2)} + \frac{1}{(2)(3)} + \frac{1}{(3)(4)}+ .... + \frac{1}{(2014)(2015)} ] \\\\[/tex]
Seperti yang kita ketahui bahwa :
[tex]\frac{1}{n(n+1)} = \frac{1}{n} - \frac{1}{n+1}[/tex]
Maka dapat kita rubah :
[tex]2 [ \frac{1}{(1)(2)} + \frac{1}{(2)(3)} + \frac{1}{(3)(4)}+ .... + \frac{1}{(2014)(2015)} ]\\\\2 [ \frac{1}{1}-\frac{1}{2} + \frac{1}{2} - \frac{1}{3} + \frac{1}{3} - \frac{1}{4} + .... + \frac{1}{2014} - \frac{1}{2015} ]\\\\2 [ \frac{1}{1} + 0 + 0 + ... + 0 - \frac{1}{2015} ] \\\\2 [ 1 - \frac{1}{2015} ] \\\\2 ( \frac{2014}{2015}) = \frac{4028}{2015}[/tex]
11. tolong cariin soal olimpiade matematika smp tingkat kabupaten
1). Pada suatu data terdapat 25 bilangan bulat positif. Bilangan terbesar pada data tersebut adalah 55. Median dari data tersebut adalah 30. Rata-rata terbesar yang mungkin dari data tersebut adalah...
(A). 40
(B). 42
(C). 45
(D). 50
(2). Rata-rata usia sepasang suami istri pada saat mereka menikah adalah 25 tahun. Rata-rata usia keluarga pada saat anak pertama mereka lahir adalah 18 tahun. Rata-rata usia keluarga pada saat anak kedua lahir adalah 15 tahun. Rata-rata usia keluarga pada saat anak ketiga dan keempat lahir [kembar] adalah 12 tahun. Jika saat ini rata-rata usia enam orang ini adalah 16 tahun, maka usia anak pertama mereka adalah... tahun.
(A). 7
(B). 8
(C). 9
(D). 10
(3). Pada sebuah laci terdapat kaos kaki berwarna putih dan berwarna hitam. Jika dua kaos kaki diambil secara acak, maka peluang terpilihnya kedua kaos kaki berwarna putih adalah 12. Jika banyak kaos kaki berwarna hitam adalah genap, maka paling sedikit kaos kaki berwarna putih adalah ...
(A). 12
(B). 15
(C). 18
(D). 21
(4). Salah satu contoh situasi untuk sistem persamaan 2x+y=10000 dan x+3y=20000 adalah...
(A). Dua orang siswa membeli pulpen dan buku tulis seharga Rp10.000,00. Salah seorang siswa tersebut membeli pensil dan tiga buku tulis seharga Rp20.000,00. Berapakah harga masing-masing sebuah pulpen dan sebuah buku tulis?
(B). Dua orang siswa membeli pulpen dan tiga buah buku tulis seharga Rp10.000,00. Selain itu, dia juga membeli dua buah pulpen dan sebuah buku tulis untuk adiknya seharga Rp20.000,00. Berapakah harga masing-masing sebuah pulpen dan sebuah buku tulis?
(C). Seorang siswa akan membeli dua buah pulpen dan tiga buah buku tulis. Siswa tersebut memiliki uang Rp30.000,00. Berapakah harga masing-masing sebuah pulpen dan sebuah buku tulis?
(D). Seorang membeli sebuah pulpen dan tiga buah buku tulis seharga Rp20.000,00. Selain itu, dia juga membeli dua buah pulpen dan sebuah buku tulis untuk adiknya seharga Rp10.000,00. Berapakah harga masing-masing sebuah pulpen dan sebuah buku tulis?
(5). Semua bilangan real x yang memenuhi pertidaksamaan x+3−4√x−5≥5 adalah...
(A). 5≤x≤14
(B). x≤6 atau x≥14
(C). 5≤x≤6 atau x≥14
(D). 0≤x≤6 atau x≥14
SmogaBisaMembantu
12. tolong kasih pertanyaan olimpiade matematika SD sama pembahasannya
Jawaban:
Soal Olimpiade Matematika SD dan Cara Pembahasan yang MudahContoh soal
Soal No. 1
Tentukan banyaknya bilangan bulat yang habis dibagi 12 dari 2000 – 2003!
Tentukan banyaknya bilangan bulat yang habis dibagi 12 dari 2000 – 2003!Pembahasan:
Kata kunci dari soal itu adalah yang habis dibagi. Jika ada bilangan yang habis dibagi itu berarti bilangan itu bisa dicari dengan menggunakan konsep kelipatan yang selalu didapat di SD mulai dari kelas 4. Jadi dalam untuk menemukan jawabannya carilah bilangan diantara 2000 s.d 2003 itu dengan konsep kelipatan. Contoh sederhananya: 36 itu adalah kelipatan 12 sebab 36 adalah habis dibagi 12 yang hasilnya adalah 3. Bisa juga 3 x 12 = 36.
Kata kunci dari soal itu adalah yang habis dibagi. Jika ada bilangan yang habis dibagi itu berarti bilangan itu bisa dicari dengan menggunakan konsep kelipatan yang selalu didapat di SD mulai dari kelas 4. Jadi dalam untuk menemukan jawabannya carilah bilangan diantara 2000 s.d 2003 itu dengan konsep kelipatan. Contoh sederhananya: 36 itu adalah kelipatan 12 sebab 36 adalah habis dibagi 12 yang hasilnya adalah 3. Bisa juga 3 x 12 = 36.
Soal No 2.
Berat sebuah kotak kecil, dua kotak sedang, dan sebuah kotak besar bersama-sama adalah 10 kg. Berat satu kotak kecil, dua kotak sedang, dan dua kotak besar bersama-sama adalah 15 kg. berapa berat dua kotak kecil dan empat kotak sedang bersama-sama?
Berat sebuah kotak kecil, dua kotak sedang, dan sebuah kotak besar bersama-sama adalah 10 kg. Berat satu kotak kecil, dua kotak sedang, dan dua kotak besar bersama-sama adalah 15 kg. berapa berat dua kotak kecil dan empat kotak sedang bersama-sama?Pembahasan:
Untuk soal ini buatlah ilustrasi dengan menggunakan kalimat matematika. Misalkan :
Untuk soal ini buatlah ilustrasi dengan menggunakan kalimat matematika. Misalkan :1 KK + 2KS + 1 KB = 10 kg dan pembandingnya adalah 1 KK + 2KS + 2 KB = 15 kg. Dengan membuat seperti itu maka jawaban sudah didepan mata.
Untuk soal ini buatlah ilustrasi dengan menggunakan kalimat matematika. Misalkan :1 KK + 2KS + 1 KB = 10 kg dan pembandingnya adalah 1 KK + 2KS + 2 KB = 15 kg. Dengan membuat seperti itu maka jawaban sudah didepan mata.Soal No 3
3.Pak Gatot memberikan uang kepada istrinya sebesar Rp 240.000. Dua pertiga dari uang yang masih dimiliki Pak Udin diberikan kepada anaknya. Jika sisa uang Pak Gatot sekarang Rp. 195.000 berapa rupiahkah uang yang dimiliki Pak Gatot pada mulanya?
Pembahasan:
Gatot memberikan uang kepada istrinya sebesar Rp 240.000. Dua pertiga dari uang yang masih dimiliki Pak Udin diberikan kepada anaknya. Jika sisa uang Pak Gatot sekarang Rp. 195.000 berapa rupiahkah uang yang dimiliki Pak Gatot pada mulanya?
Soal ini bermain pada perkalian pecahan yang sedikit dimodif untuk bisa berpikir lebih kritis lagi. 2/3 diberikan pada anak itu artinya 1/3 lagi adalah sisanya yang Rp. 195.000. Jadi dari 1/3 itulah kita dapat mencari jawabannya.
Penjelasan:
#bersamakitacerdas
13. contoh soal olimpiade Ipa smp
gerak tumbuhan ada berapa macam
14. mohon jawab dengan benar. soal olimpiade matematika smp tahun 2017 tingkat provinsi
r1 pada L1 = 1/2 S
r2 pada L2 = 1/2 r1 = 1/2 (1/2 S) = 1/4 S
maka:
r pada L3 = 1/2 r2 = 1/2 (1/4 S) = 1/8 S
Jadi:
r : S = 1/8 : 1 = 1 : 8
itu pendapat saya.
semoga jawabannya benar ya..
15. pembahasan soal olimpiade komputer
pelajari aja tentang Microsoft Office, BIOS, DOS, Operating System
Posting Komentar untuk "Pembahasan Soal Olimpiade Matematika Smp 2014"