Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Matematika Sukino Kurikulum 2013


Kunci Jawaban Matematika Sukino Kurikulum 2013

Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 hal 21

1. Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 hal 21


1.Tentukan 3 bilangan selanjutnya dari pola barisan bilangan berikut!

a. 1,3,5,7,..,...,...

lihat polanya dan ternyata +2 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 9, 11, 13

b. 100,95,90,85,...,...,...

lihat polanya dan ternyata -5 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 80, 75, dan 70

c. 5,10,8,13,11,16,14,...,...,...

lihat polanya dan ternyata +5, -2, +5, -2 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 19, 17, dan 22

d. 2,6,18,...,...,...

lihat polanya dan ternyata x3 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 54, 162, 486

e. 80,40,20,10,...,...,...

lihat polanya dan ternyata :2 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 5, 5/2, 5/4

f. 3,-7,11,-15,19,...,...,....

lihat polanya dan ternyata

Lihat yang positif dulu 3,11,19 : +8

Lihat yang negatif -7,-15 : -8

sehingga -23, 27, -31

g. 4,12,36,108,...,....,....

lihat polanya dan ternyata x3 untuk suku berikutnya sehingga jawabannya 324, 972, 2916

h. 1,4,9,16,25,...,...,...

lihat polanya dan ternyata

Polanya : +3,+5,+7,+9,+11, dst (+bilangan ganjil)

Atau Polanya : 1²,2²,3²,4², dst

sehingga jawabannya 36, 49, 64

i. 2,4,10,11,18,18,26,25,....,....,....

Lihat pola 2,10,18,26 : +8

Lihat pola 4,11,18,25 : +7

Polanya loncat satu sehingga jawabannya 34, 32, dan 42

j. 1,5,-1,3,7,1,5,9,3,7,11,5,...,...,....

Polanya : +4,+4,-6

Kemudian berulang sehingga jawabannya 9, 13, 7

k. 2,-1,1,0,1,....,...,...

Polanya : -3,+2,-1,+1,-2,+3,-3,+2,-1,....

Kemudian berulang sehingga jawabannya, -1, 2, -1

2.Isilah titik titik berikut agar membentuk suatu pola barisan bilangan!

a. 4,10,...,...,28,34,40

16,22, polanya +6

b. 100,92,...,76,...,56,48

84, polanya -8

c. 7,13,11,....,...,21,19,25,23,29

17,15, polanya:

Pola pertama : 7,11,15,19,23 : +4

Pola kedua : 13,17,21,25,29 : +4

Polanya loncat satu

d. 20,40,60,...,....,120,80,160

40,80, polanya:

Pola pertama : 20,40,60 : +20

Pola kedua : 40,80,120 : +40

Pola ketiga : 80,160 : +80

e. 2.745,915,...,135,45,15

305, polanya:

Pola pertama : 3645,1215,305 : dibagi 3

Pola kedua : 405,135 : -270

Polanya : dibagi 3, dibagi 3, -170 , -170 lalu berulang

f. 2,3,....,....,13,21

5,8 , polanya:

Fibonanci yakni penjumlahan suku yang kiri + suku kanan maka hasilnya adalah suku ke tiga)

2+3 = 5; 3+5=8;5+8=13

3.Ambillah satu bilangan agar terbentuk suatu pola barisan bilangan!

a. 2,4,7,9,11

9 dibuang karena pola yang terbentuk adalah +2,+3,+4, dst

b. 4,8,12,16,32

32 dibuang karena pola yang terbentuk adalah +4

c. 0,1,1,2,3,4

1 dibuang karena pola yang terbentuk adalah +1

d. 50,43,37,32,27

27 dibuang karena pola yang terbentuk adalah -7,-6,-5, dst

e. 4,5,8,10,13,15,18

4 dibuang karena pola yang terbentuk adalah +3 dan +2 kemudian berulang


2. kunci jawaban buku matematika kelas 4 kurikulum 2013 halaman 120​


1. a. Keliling = 2 x (p + l)

= 2 x (46 cm + 23 cm)

= 2 x (69 cm)

= 138 cm

b. Keliling = 2 x (p + l)

= 2 x (37 cm + 13 cm)

= 2 x (50 cm)

= 100 cm

c. Keliling = 2 x (p + l)

= 2 x (40 cm + 25 cm)

= 2 x (65 cm)

= 130 cm

2. a. Panjang = (Keliling – (2 x Lebar)) : 2

= (88 cm – (2 x 12 cm)) : 2

= (88 cm – 24 cm) : 2

= 64 cm : 2

= 32 cm

b. Lebar = (Keliling – (2 x Panjang)) : 2

= (156 cm – (2 x 58 cm)) : 2

= (156 cm – 116 cm) : 2

= 40 cm : 2

= 20 cm

c. Panjang = (Keliling – (2 x Lebar)) : 2

= (236 cm – (2 x 46 cm)) : 2

= (236 cm – 92 cm) : 2

= 144 cm : 2

= 72 cm

3. Diketahui : Panjang = 57 cm

Lebar = 43 cm

Ditanyakan : Keliling Persegi Panjang = ?

Jawab : Keliling Persegi Panjang = 2 x (p + l)

= 2 x (57 cm + 43 cm)

= 2 x 100 cm

= 200 cm

Jadi keliling persegi panjang adalah 200 cm.

4. Diketahui : Keliling Persegi Panjang = 456 cm

Lebar = 81 cm

Ditanyakan : Panjang Persegi Panjang = ?

Jawab : Panjang = (Keliling – (2 x Lebar)) : 2

= (456 cm – (2 x 81 cm)) : 2

= (456 cm – 162 cm) : 2

= 294 cm : 2

= 147 cm

Jadi Panjang Persegi Panjang adalah 147 cm.

5. Diketahui : Kebun Udin berbentuk Persegi Panjang

Panjang = 4 m

Lebar = 2 m

Ditanyakan : Panjang Pagar yang dibutuhkan = ?

Jawab : Panjang Pagar yang dibutuhkan = Keliling Persegi Panjang

= 2 x (p + l)

= 2 x (4 m + 2 m)

= 2 x (6 m)

= 12 m

JADIKANYANGTERBAIK


3. kunci jawaban buku matematika kelas 4 kurikulum 2013 halaman 131​


Jawaban:

B).

Penjelasan dengan langkah-langkah:

L = 6.17.17

= 1.734 cm²


4. kunci jawaban buku matematika kelas 4 kurikulum 2013 halaman 132 ​plis jawab mau langsung di kerjain!


Jawaban:

2. a. 8 cm

b. 14

c. 21

Maaf kalau salah, semoga membantu :)


5. Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 hal 52: ayo kita berlatih 2.1


Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 hal 52: Ayo kita berlatih 2.1. Soal yang disajikan merupakan materi tentang koordinat. Penulisan koordinat kartesius adalah (x, y) terdiri dari sumbu x (garis mendatar) dan sumbu y (garis tegak) yang saling berpotongan tegak lurus di pusat koordinat kartesius yaitu di (0, 0)

Jika diketahui titik A(a, b) maka

Jarak titik A terhadap sumbu X adalah |b| satuan Jarak titik A terhadap sumbu Y adalah |a| satuan

Arti dari tanda |a| dan |b| adalah nilainya selalu positif (nilai mutlak)

Dalam koordinat kartesius terdiri dari 4 daerah yang dinamakan kuadran

Kuadran I jika koordinat kartesiusnya (+, +) = (positif, positif) Kuadran II jika koordinat kartesiusnya (–, +) = (negatif, positif) Kuadran III jika koordinat kartesiusnya (–, –) = (negatif, negatif) Kuadran IV jika koordinat kartesiusnya (+, –) = (positif, negatif)

Pembahasan

Pada soal “Ayo kita berlatih 2.1” terdapat 9 titik yaitu

Titik A(4, 3) Titik B(–4, 3) Titik C(–3, –4) Titik D(3, –4) Titik E(6, 0) Titik F(0, 2) Titik G(–6, 6) Titik H(–4, –5) Titik I(6, –6)

1. Titik-titik yang berjarak sama terhadap sumbu X adalah

Jawab

Titik A(4, 3) dan titik B(–4, 3), sama-sama berjarak 3 satuan terhadap sumbu X Titik C(–3, –4) dan titik D(3, –4), sama-sama berjarak 4 satuan terhadap sumbu X Titik G(–6, 6) dan titik I(6, –6), sama-sama berjarak 6 satuan terhadap sumbu X

2. Titik-titik yang berjarak sama terhadap sumbu Y adalah

Jawab

Titik A(4, 3), titik B(–4, 3) dan titik H(–4, –5), sama-sama berjarak 4 satuan terhadap sumbu Y Titik C(–3, –4) dan titik D(3, –4), sama-sama berjarak 3 satuan terhadap sumbu Y Titik E(6, 0), titik G(–6, 6) dan titik I(6, –6), sama-sama berjarak 6 satuan terhadap sumbu Y

3. Titik-titik yang berada di sebelah kanan dan sebelah kiri sumbu Y adalah

Jawab

Titik-titik yang berada di sebelah kanan sumbu Y (ciri: x nya positif), yaitu

Titik A(4, 3) Titik D(3, –4) Titik E(6, 0) Titik I(6, –6)

Titik-titik yang berada di sebelah kiri sumbu Y (ciri: x nya negatif), yaitu

Titik B(–4, 3) Titik C(–3, –4) Titik G(–6, 6) Titik H(–4, –5)

4. Jarak titik E terhadap sumbu X dan sumbu Y serta posisinya

Jawab

Koordinat titik E adalah (6, 0), maka

Jarak terhadap sumbu X adalah |0| satuan = 0 satuan Jarak terhadap sumbu Y adalah |6| satuan = 6 satuan

Posisi titik E terletak  

tepat pada sumbu X di sebelah kanan sumbu Y

5. Letak kuadran titik-titik tersebut

Jawab

Titik-titik yang berada  

di kuadran I adalah titik A(4, 3) di kuadran II adalah titik B(–4, 3) dan titik G(–6, 6) di kuadran III adalah titik C(–3, –4) dan titik H(–4, –5) di kuadran IV adalah titik D(3, –4) dan titik I(6, –6)

Adapun

untuk titik E(6, 0) terletak antara kuadran I dan kuadran IV

untuk titik F(0, 2) terletak antara kuadran I dan kuadran II

Pelajari lebih lanjut  

Contoh soal lain tentang  koordinat

Koordinat relatif: https://brainly.co.id/tugas/552137 Koordinat pada bangun datar: brainly.co.id/tugas/8826902 Letak kuadran suatu titik: brainly.co.id/tugas/16884973

------------------------------------------------

Detil Jawaban    

Kelas : 8

Mapel : Matematika  

Kategori : Bilangan Koordinat

Kode : 8.2.3

Kata Kunci : Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 hal 52: Ayo kita berlatih 2.1


6. Kunci jawaban buku paket matematika kelas 9 kurikulum 2013 halaman 142 tabel 3.1


Jawab:

INI JAWABANNYA

A (3,4)___SUMBU -X___A'(3,-4)

B (2,3) ___ SUMBU -Y ___ B' (-2,3)

C (4,4) ___ TITIK ASAL ___C' (-4,-4)

D (4,5) ___ Y=X ___D'(5,4)

E (5,7) ___ y=-x ___ E'(-5,-7)

Penjelasan dengan langkah-langkah:

INI RUMUS YANG PERLU ANDA INGAT:

A. Sumbu -x titik koordinat bayangannya (x,-y)

B. Sumbu Y titik koordinat bayangannya (-x,y)

C. Titik asal titik koordinat bayangannya adalah (-x,-y)

D. Garis y=x titik koordinat bayangannya adalah (x , y)

E. Garis y=-x titik koordinat bayangannya (-y,-x)


7. ada yang pux bku kunci jwban matematika kelas 7 kurikulum 2013 edisi 2014


Aku Punya tapi kan lebih baik usaha drpd nyontek kunci jwwabannmaaf saya tidak punya

8. kunci jawaban dalam proses pengembangan dan pelaksanaan kurikulum, yang merupakan penguatan tatakelola dalam kurikulum 2013 adalah?


penyusunan silabus tidak dilakukan oleh guru. dalam proses pengembangan dan pelaksanaan kurikulum 2013 seorang guru hanya dituntut untuk berfokus pada eksplorasi pengembangan murid-murid. sebab penyusunan silabus merupakan beban tersendiri bagi guru. sebab penyusunan silabus sendiri memakan waktu yang relatif banyak dan kemampuan teknis yang memadai.

9. Kunci jawaban matematika kls 12 halaman127 no 2 Kurikulum 2013


Jawaban:

kamu nanya?

Penjelasan dengan langkah-langkah:

kamu bertanya tanya?


10. kunci jawaban dalam proses pengembangan dan pelaksanaan kurikulum, yang merupakan penguatan tatakelola dalam kurikulum 2013 adalah?


Satuan pendidikan dan guru tidak diberikan kewenangan menyusun silabus, tetapi disusun pada tingkat nasional. Guru lebih diberikan kesempatan mengembangkan proses pembelajaran tanpa harus dibebani dengan tugas-tugas penyusunan silabus yang memakan waktu yang banyak dan memerlukan penguasaan teknis penyusunan yang sangat memberatkan guru.

*semoga benar*

11. kunci jawaban buku matematika kelas 4 Kurikulum 2013 halaman 66 sampai 68 semester 2​


Jawaban:

tema berapa??

Penjelasan:

.........


12. kunci jawaban kelas 10 matematika latihan 4 halaman 63 kurikulum 2013​


Jawaban:

mana soal nya kak maaf saya tidak ber maksud ambil point tapi kalok mau bikin soal yg jelas


13. kunci jawaban matematika minat kurikulum 2013 semester 1 halaman 73


Jawaban:

Alternatif Jawaban Halaman 73:

1. Debit = volume : waktu = 400 ml : 10 detik = 40 ml/detik

2. Debit = volume : waktu 600 liter : 20 detik = 30 liter/detik

3. Debit = volume : waktu = 200 dm3 : 0,5 jam = 400 dm3/jam

4. Volume = debit x waktu = 80.000 ml/menit x 30 detik = 80.000 ml/menit x 0,5 menit = 40.000 ml = 40 liter

5. Volume = debit x waktu = 4 liter/menit x 15 menit = 60 liter = 60 dm3

mapel :matematika

kurikulum :2013

semester :1

halaman :73


14. kunci jawaban matematika referensi-referensi kurikulum 2013 halaman 39 bagian C​


Pesan : Jadikan yang terbaik dan semangat belajar ❤️❤️


15. Kunci jawaban matematika kelas 9 latihan 1.1 halaman 10 kurikulum 2013


Kakak akan jawab yang nomor 1 sampai 5 ya! Jawabannya adalah yang ada di bawah ya! Semangat adik-adik semua!

Pembahasan

Halo adik-adik! Balik lagi di Brainly Bersama kakak! Gimana, masih semangat belajar kah? Oke kita mulai aja ya! Nah untuk pertanyaan di atas itu masuk ke materi tentang perpangkatan. Yukkk langsung aja kakak kasih penjelasan singkatnya, oke? Oke! Di dalam matematika bilangan yang mempunyai pangkat terdiri dari bilangan pangkat bulat positif atau bilangan asli, kemudian bilangan pangkat bulat negatif, bilangan dengan pangkat nol, bilangan dengan pangkat rasional dan terakhir bilangan dengan pangkat riil. Oke langsung aja yukk kita lihat penjelasan dari jawaban soal kali ini!!

Nomor 1

[tex](-2) \times (-2) \times (-2) = (-2)^3[/tex][tex]\frac{1}{5} \times \frac{1}{5} \times \frac{1}{5} \times \frac{1}{5} \times \frac{1}{5} = \big(\frac{1}{5}\big)^5[/tex][tex]\big(-\frac{1}{5}\big) \times \big(-\frac{1}{5}\big) \times \big(-\frac{1}{5}\big) \times \big(-\frac{1}{5}\big) \times \big(-\frac{1}{5}\big) = \big(-\frac{1}{5}\big)^5[/tex][tex]t \times t \times t \times t \times t \times t = t^6[/tex][tex]y \times y \times y \times y \times y \times y \times y \times y \times y \times y = y^{10}[/tex]

Nomor 2

[tex]3^8 = 3 \times 3 \times 3 \times 3 \times 3 \times 3 \times 3 \times 3[/tex][tex](0,83)^4 = 0,83 \times 0,83 \times 0,83 \times 0,83[/tex][tex]t^3 = t \times t \times t[/tex][tex]\big(-\frac{1}{4}\big)^4 = \big(-\frac{1}{4}\big) \times \big(-\frac{1}{4}\big) \times \big(-\frac{1}{4}\big) \times \big(-\frac{1}{4}\big)[/tex][tex]-\big(\frac{1}{4}\big)^4 = -\big(\frac{1}{4} \times \frac{1}{4} \times \frac{1}{4} \times \frac{1}{4}\big)[/tex]

Nomor 3

[tex]2^8 = 256[/tex][tex]5^4 = 625[/tex][tex](0,02)^2 = 0,0004[/tex][tex]\big(\frac{1}{3}\big)^3 = \frac{1}{27}[/tex][tex]-\big(\frac{1}{4}\big)^4 = -\frac{1}{256}[/tex]

Nomor 4

[tex]1.000 = 10^3[/tex][tex]100.000 = 10^5[/tex][tex]1.000.000 = 10^6[/tex][tex]10.000.000 = 10^7[/tex]

Nomor 5

[tex]256 = 2^8[/tex][tex]64 = 2^6[/tex][tex]512 = 2^9[/tex][tex]1.048.576 = 2^{20}[/tex]

Semangat! Semoga membantu adik-adik semua!

Pelajari Lebih Lanjut

Adik-adik semua masih kepingin belajar dan memperdalam materi di atas? Yuk cek aja link-link yang ada di bawah ini ya! Semangat!

Cara mencari akar pangkat dua : https://brainly.co.id/tugas/24822 Akar pangkat dua dari 784 : https://brainly.co.id/tugas/12947462 Kumpulan soal tentang akar dan pangkat : https://brainly.co.id/tugas/2875772

Detail Jawaban

Kelas : 9 SMP

Mapel : Matematika

Bab : 1 – Bilangan Berpangkat

Kode : 9.2.2001

Kata Kunci : Bilangan Berpangkat


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Sukino Kurikulum 2013"