Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Buku Penghubung Siswa Sd


Contoh Buku Penghubung Siswa Sd

[2/6 08.05] Admin Kelas 8 Putri: SOAL PAT BAHASA INDONESIA KELAS 8Penggalan teks ulasan di bawah ini untuk nomer 1 dan 2.Dalam Surat Terakhir untuk Sahabat terdapat beberapa penulisan kata yang salah. Karangan gadis kelahiran Bali, 17 Agustus 1986 ini dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Selain itu, kosakata yang digunakan dapat membuat pembaca mudah memahami isi ceritanya.1. Penggalan teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian ….a. orientasib. analisisc. evaluasid. rekomendasi2. Kelebihan karya yang diulas dalam teks ulasan tersebut adalah ….a. Kosakata yang digunakan membuat pembaca mudah memahami isi ceritanya.b. Tidak ditemukan kesalahan baik dalam penulisan kata maupun pemilihan kosakata.c. Isi ceritanya tidak membuat pembaca merasa bosan atau jenuh ketika membacanya.d. Jalinan ceritanya runtut sehingga pembaca bisa mengikuti alur cerita dengan baik.3. Surat Terakhir untuk Sahabat mengajarkan arti sahabat sebenarnya. Karya ini hendaknya dibaca oleh para remaja di Indonesia. Alasannya, karena di dalam karya ini mengandung pesan yang sangat bermakna. Kaidah kebahasaan pada penggalan teks ulasan tersebut menggunakan ….a. pernyataan berupa ajakan, marilahb. pernyataan berupa ajakan, ayolahc. pernyataan berupa saran, sebaiknyad. pernyataan berupa saran, hendaknya4. Penggunaan konjungsi temporal/ waktu dalam teks ulasan ditandai dengan kata ….a. jikab. karenac. semenjakd. daripada5. Nama penulis buku dalam penulisan teks ulasan dituliskan pada bagian ….a. identitasb. orientasic. analisisd. evaluasi6. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!1) Membuat kerangka karangan.2) Menulis karangan.3) Menentukan topik.4) Mengumpulkan bahan.5) Menentukan tujuan.Paragraph persuasi dapat disusun dengan urutan ….a. 3)-1)-5)-4)-2)b. 3)-2)-1)-5)-4)c. 3)-4)-1)-5)-2)d. 3)-5)-1)-4)-2)Teks berikut untuk soal nomor 7 dan 8.1) Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana untuk mendorong minat siswa dalam membaca buku. 2) Namun, seorang guru memiliki tantangan besar dalam menanamkan budaya membaca kepada siswa mengingat mereka lebih asyik dengan acara televisi atau bermain game. 3) Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan minat baca siswa di berbagai kegiatan yang rekreatif dan mendidik. 4) Sebagai contoh, SD N 74 Balai Makam mencoba menarik minat baca siswa dengan membaca buku sambil duduk di bawah pohon kayu.7. Simpulan teks tersebut adalah ….a. Peran utama dalam meningkatkan minat baca siswa adalah orang tua.b. Banyak cara dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa.c. Guru bertanggung jawab dalam meningkatkan minat baca siswa.d. Sarana paling tepat untuk meningkatkan minat baca siswa adalah perpustakaan.8. Fakta sesuai dengan isi kutipan tersebut ditunjukkan oleh angka ….a. 1)b. 2)c. 3)d. 4)9. Kata sambung atau konjungsi yang menyatakan hubungan sebab-akibat adalah ….a. ketikab. agarc. darid. oleh karena itu10. Konjungsi yang menyatakan pertentangan adalah ….a. namunb. danc. ataud. ketika​

Daftar Isi

1. [2/6 08.05] Admin Kelas 8 Putri: SOAL PAT BAHASA INDONESIA KELAS 8Penggalan teks ulasan di bawah ini untuk nomer 1 dan 2.Dalam Surat Terakhir untuk Sahabat terdapat beberapa penulisan kata yang salah. Karangan gadis kelahiran Bali, 17 Agustus 1986 ini dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Selain itu, kosakata yang digunakan dapat membuat pembaca mudah memahami isi ceritanya.1. Penggalan teks ulasan tersebut merupakan struktur teks bagian ….a. orientasib. analisisc. evaluasid. rekomendasi2. Kelebihan karya yang diulas dalam teks ulasan tersebut adalah ….a. Kosakata yang digunakan membuat pembaca mudah memahami isi ceritanya.b. Tidak ditemukan kesalahan baik dalam penulisan kata maupun pemilihan kosakata.c. Isi ceritanya tidak membuat pembaca merasa bosan atau jenuh ketika membacanya.d. Jalinan ceritanya runtut sehingga pembaca bisa mengikuti alur cerita dengan baik.3. Surat Terakhir untuk Sahabat mengajarkan arti sahabat sebenarnya. Karya ini hendaknya dibaca oleh para remaja di Indonesia. Alasannya, karena di dalam karya ini mengandung pesan yang sangat bermakna. Kaidah kebahasaan pada penggalan teks ulasan tersebut menggunakan ….a. pernyataan berupa ajakan, marilahb. pernyataan berupa ajakan, ayolahc. pernyataan berupa saran, sebaiknyad. pernyataan berupa saran, hendaknya4. Penggunaan konjungsi temporal/ waktu dalam teks ulasan ditandai dengan kata ….a. jikab. karenac. semenjakd. daripada5. Nama penulis buku dalam penulisan teks ulasan dituliskan pada bagian ….a. identitasb. orientasic. analisisd. evaluasi6. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!1) Membuat kerangka karangan.2) Menulis karangan.3) Menentukan topik.4) Mengumpulkan bahan.5) Menentukan tujuan.Paragraph persuasi dapat disusun dengan urutan ….a. 3)-1)-5)-4)-2)b. 3)-2)-1)-5)-4)c. 3)-4)-1)-5)-2)d. 3)-5)-1)-4)-2)Teks berikut untuk soal nomor 7 dan 8.1) Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana untuk mendorong minat siswa dalam membaca buku. 2) Namun, seorang guru memiliki tantangan besar dalam menanamkan budaya membaca kepada siswa mengingat mereka lebih asyik dengan acara televisi atau bermain game. 3) Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan minat baca siswa di berbagai kegiatan yang rekreatif dan mendidik. 4) Sebagai contoh, SD N 74 Balai Makam mencoba menarik minat baca siswa dengan membaca buku sambil duduk di bawah pohon kayu.7. Simpulan teks tersebut adalah ….a. Peran utama dalam meningkatkan minat baca siswa adalah orang tua.b. Banyak cara dapat dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa.c. Guru bertanggung jawab dalam meningkatkan minat baca siswa.d. Sarana paling tepat untuk meningkatkan minat baca siswa adalah perpustakaan.8. Fakta sesuai dengan isi kutipan tersebut ditunjukkan oleh angka ….a. 1)b. 2)c. 3)d. 4)9. Kata sambung atau konjungsi yang menyatakan hubungan sebab-akibat adalah ….a. ketikab. agarc. darid. oleh karena itu10. Konjungsi yang menyatakan pertentangan adalah ….a. namunb. danc. ataud. ketika​


Jawaban:

Jawabannya

1. c

2. a

3. d

4. c

5. a

6. d

7. b

8. a

9. d

10. a


2. b.indo gaiss11. Di bawah ini yang termasuk teks deskripsi tempat adalah …. *a. Di sana, kami bertemu dengan pria berwajah tampan itub. Di sana, kami dapat melihat pemandangan yang begitu asric. Adik menemukan cacing itu di halaman rumahd. Gadis itu memiliki rambut hitam yang indah12. Masa kecil presiden Soekarno hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah H. Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam. Kemudian beliau melanjutkan sekolah di HBS (Hoogere Burger School). Saat belajar di HBS itu, Soekarno telah menggembleng jiwa nasionalismenya. Selepas lulus HBS tahun 1920, pindah ke Bandung dan melanjut ke THS (Technische Hooge School atau Sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi ITB). Ia berhasil meraih gelar “Ir” pada 25 Mei 1926.Apakah yang dibahas pada paragraf di atas? *a. Perjuangan presiden Soekarnob. Pendidikan presiden Soekarnoc. Perlawanan presiden Soekarnod. Keberhasilan presiden Soekarno13. Apakah pertanyaan yang sesuai dengan paragraf nomor 12 di atas? *a. Kapan presiden Soekarno SD?b. Di mana tempat tinggal presiden Soekarno setelah menamatkan SD?c. Bagaimana keadaan sekolah HBS?d. Berapa gelar presiden Soekarno?14. Struktur teks deskripsi penyusunannya bersistem dalam kelompok menurut kaidah atau standar yang telah ditetapkan. Hal ini disebut …. *a. Identifikasib. Klasifikasic. Deskripsi bagiand. Pengumpulan bahan15. Awalan di- yang menunjukkan kata depan adalah …. *a. Peraturan itu dilaksanakan dengan baik oleh siswab. Adik sudah ditunggu temannyac. Buku dan pensil itu ada di atas mejad. Mainan itu diperbaiki ayah16. Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, pernyataan umum tentang objek disebut …. *a. Identifikasib. Deskripsi bagianc. Koherensivitasd. Kohesivitas17. Jenis pengembangan deskripsi bagian yang berisi bagian paling disukai dari bagian yang dideskripsikan disebut …. *a. Deskripsi bagian berdasarkan ruangb. Deksripsi bagian berdasarkan anggota bagian-bagian objekc. Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsungd. Deskripsi bagian berupa pemfokusan18. Kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan juga setiap struktur disebut …. *a. Kalimat kompleksb. Konjungsic. Kata rujukand. Pilihan kata19. Kata yang luas ruang lingkupnya dan dapat mencakup banyak hal disebut …. *a. Sinonimb. Antonimc. Kata khususd. Kata umum20. Suatu paragraf deskripsi yang dalam penggambaran objeknya berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis teks tersebut disebut ….*a. Paragraf deskripsi subjektifb. Paragraf deskripsi spatialc. Paragraf deskripsi objektifd. Paragraf deskripsi kohensif21. Bu Jeni merupakan guru yang ditakuti muridnya, dia mengajarkan muridnya untuk disiplin dalam belajar. Ia memiliki postur tubuh yang kecil, namun ketika ia marah ia akan membuat seolah-olah orang yang di sekelilingnya menjadi lebih kecil dibandingkan dia. Suaranya yang keras ketika marah bak suara gemuruh ketika hujan. Tetapi di balik sifatnya yang galak saat mengajar, ia bermaksud untuk mendidik siswanya agar menjadi pribadi yang disiplin dalam melakukan semua hal.Paragraf di atas merupakan contoh dari …. *a. Paragraf deskripsi subjektifb. Paragraf deskripsi spatialc. Paragraf deskripsi objektifd. Paragraf deskripsi kohensif22. Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Parangtritis merupakan salah satu pantai yang indah di kawasan selatan Jogjakarta. Pantai Parangtritis sangat luas dan cukup bersih. Di sana terdapat berbagai macam permainan dan hiburan alternative seperti ATV, kuda, dan dokar. Di tengah hembusan angin pantai yang menyejukkan, naik ATV, kuda maupun dokar adalah pilihan yang pas.Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf di atas …. *a. Liburan dilanjutkan ke daerah Malioborob. Pantai Parangtritis adalah pilihan sebagai tempat liburanc. Pantai Parangtritis berlokasi di kabupaten Bantuld. Jalan menuju pantai sangat halus dan nyaman bagi kendaraan23. Majas yang memberikan ungkapan secara langsung berupa perbandingan analogis disebut …. *a. Majas metaforab. Majas personifikasic. Majas hiperbolad. Majas litotes24. Di bawah ini contoh dari majas ironi yaitu …. *a. Tubuhnya tinggal kulit pembalut tulangb. Ini baru namanya siswa teladan, setiap hari selalu dating terlambatc. Setiap pagi ayah selalu meminum kapal apid. Perpustakaan adalah gudangnya ilmu25. Untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek, maka teks deskripsi mengandung …. *a. Kata bendab. Kata sifatc. Kata kerjad. Kata keterangan​


Jawaban:

11. c

12. b

13. b

14. c

15. a

16. a

17. d

18. a

19. d

20. a

21. a

22. b

23. a

24. b

25. b

Penjelasan:

semoga membantu :)


3. Arus listrik adalah dclombang elektromagnetik yaitu gelombang yang dapat merambor meski tidok odo medio perantaro dektromagnetik terbentuk dori hosil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus-menerus Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai orus listrik Arus listrik dihasilkon oleh generator roksasa pode pusor pembongkit listrik Arus listrik tersebut disalurkan melalui Jangan listrik tegangan tinggi berupa janngon kabel pada menara menoro unggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah Dar gardu-gordu penerimo, orus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, don kulkos Rangkaian listrik di dalam rumah dapat berupa rangkaian sen atau rangkaian paralel. Rangkaian sen den paralel merupakan jenis-jenis rangkaian yang dipakai menjadi satu kesatuon utuh Bila dilihat dan cara penyusunannya rangkaian ataupun lebih komponen listrik sehingga seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel Gelombang untuk menyambungkan duo disusun berderet a rangkalan seri lampu Contoh rangkaian seri dolom kehidupan sehari-hari adalah lampu Senter Rangkaian yang disusun seni pada lampu senter adalah baterai korena hanya terdapat satu lampu pado senter. Hal tersebut yang menyebabkan lampu senter menyala songat terang namun baterainya cepat habis. Rangkaian seri don paralel juga bisa ditemui pada lampu- lampu di rumah Betapa penting peronon listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita juga harus tetap bijak menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari. SIDO Tui rangkaian paralel lampe Buku Siswa SD/MI Kelas VIKESIMPULAN DAN PENDAPAT PRIBADI PENULIS YG MANA NIH..​


Jawaban:

kita harus bijak menggunakan listrik


4. quadjaranTahukah kamu pekerjaan kepalaseorang kepala desa? Hal-hal baikapa yang bisa kita contoh darimereka?Pada suatu pagi, Pak Tulus tidak menjumpaiNenek Ijoh di halamannya. Sore horinyaberanda rumah nenek Ijah masih tetapsepi Pak Tulus menyempatkan untukSinggah. Pak Tulus mengetuk pintu, tetapitak dijawab. Pok Tulus membuka pintu danmelangkah masuk. Betapa terkejut beliaumenjumpai Nenek Ijah terkulai lemas di depan ruang tengahnya. Dirabadahinya, terasa agak hangat. Rupanya Nenek Ijah sakit. Pak Tulus menyesaltidak menyempatkan mampir tadi pagi namun, belum terlambat Pak Tulusmengajak beberapa warga membawa Nenek Ijah ke dokter terdekat. PokTulus mengatur jadwal warga yang akan bergantian menjaga Nenek Ijahsampai pulih. Tidak ada warga yang menolak. Semua sukarela membantu.Mereka tahu, kelak suatu ketika mereka dalam kesulitan, pasti akandibantuBudaya tegur sapa menjadi perekat warga. Budaya tegur sapa membangunkepedulian terhadap sesama.Pak Tulus bekerja sebagai kepala desa di Desa Sereh Wangi. Pak Tulus inginwarga desanya mempunyai rasa persatuan dan kesatuan. Ayo kita cari tahucerita Pak Tulus.Ayo MembacaBerdasarkan cerita di atas, buatlah peta pikiran!JudulTokohSifat tokohPesan moralPentingnya Budaya Tegur SapaSenangnya tinggal di Desa Sereh Wangi. Kedekatan hubungan antarwargamembuat mereka saling menjagaTidak semua warga Desa Sereh Wangi merupakan penduduk asli. Sebagianwarga merupakan pendatang, mereka masuk ketika kampung ini dibukasebagai wilayah transmigrasi. Walau demikian, perbedaan asal usul tidakmerenggangkan kedekatan mereka.Kedekatan antarwarga dimulai dengan kebiasaan saling tegur sapa.Ketika berpapasan di lorong antarrumah, di jalan, atau di pasar tak pernahterlewat untuk saling menegur. Sekadar mengucap "Selamat pagi, selamatsiang, selamat sore" sampai bertukar kabar atau berbincang sejenak.Semua saling kenal, semua saling peduli.Di ujung jalan, tinggal Nenek Ijah seorang diri. la penghuni tertua disini. Walau begitu ia masih mandiri melakukan kesibukan di rumahnya.Kadang ia terlihat menyapu pelan daun-daun di halaman rumah. Lainwaktu ia duduk beristirahat di beranda. Pak Tulus, sang kepala desa, rajinmenyapa Nenek Ijah. Pagi hari, sambil berangkat kerja, ia kerap mampiruntuk sekedar mengantarkan ubi atau singkong rebus. Sore hari ia lewatlagi seraya melambai pada Nenek Ijah yang duduk di beranda.TempatAkhir ceritaAwal ceritaSubtema 3: Pekerjaan Orang Tuaku 119118 Buku Siswa SD/MI Kelas IV12​


Jawaban:

maaf ya aku ga bisa bantu


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Buku Penghubung Siswa Sd"